Selasa, 07 Oktober 2008

Survei CSIS: Golkar Dijagokan Pemilih Pemula

Hasil survei CSIS yang menyebutkan Partai Golkar sebagai partai yang paling populer di kalangan pemilih pemula, menunjukkan adanya pergeseran konstituen tradisional Partai Golkar dari partai (pemilih) orang tua menjadi partai kaum muda. Untuk itu, Partai Golkar akan lebih fokus menyiapkan materi dan program kampanye yang ditujukan kepada kaum muda atau pemilih pemula.

“Bagi Partai Golkar, hasil survei CSIS ini merupakan informasi baru yang harus disikapi bersama oleh partai,” kata Ketua I Badan Pengendali dan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Pusat DPP Partai Golkar Burhanuddin Napitupulu alias Burnap kepada Suara Karya di Jakarta, Rabu (16/7) malam.

Survei CSIS: Golkar Dijagokan Pemilih Pemula
Selasa, 15 Juli 2008 14:47 | 80 views | Posted in Berita Aktual

Plusberita News - Jakarta, Kepercayaan masyarakat sempat menurun kepada Partai Golkar setelah jatuhnya Orde Baru. Namun tidak dinyana, dalam Pemilu 2004, Partai Golkar mempunyai kursi terbanyak di DPR. Dalam Pemilu 2009 mendatang, Partai Golkar akan dijagokan kembali tapi oleh pemilih muda yang baru saja nyoblos.

Hal itu berdasarkan survei CSIS yang dilakukan di 13 provinsi di Indonesia yang mempunyai kursi anggota dewan terbesar di DPR. Survei diambil pada 11-17 Mei 2008 terhadap 178 pemilih muda dari 3.000 responden yang disurvei. Survei dilakukan dengan metode alat bantu menunjukkan foto figur dari masing-masing tokoh 34 partai yang ikut dalam Pemilu 2009.

“Ini fenomena menarik. 19 persen dari 178 memilih Golkar. Karena wajah Golkar adalah wajah lama dan wajah tua. Tetapi yang milih, pemilih pemula,” ujar ketua tim peneliti survei CSIS, Nico Harjanto, dalam temu media laporan pendahuluan survei CSIS tentang perilaku pemilih 2008 untuk Pemilu 2009 di Gedung CSIS, Jl Tanah Abang III No 23-27, Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2008).

Menurut Nico, dalam survei tersebut, para pemilih perdana itu menganggap Partai Golkar punya citra di masyarakat sebagai partai yang berpengalaman memerintah dan memiliki kader yang berkualitas dibanding PDIP dan PKS.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh sempatkan waktu untuk melihat
clip ini pak tenang Golkar

http://youtu.be/JUrCCwzXmso

Unknown mengatakan...

Iklan Partai Golkar | Ayo Pilih Golkar, silakan di liat dan diberi komentarnya

http://youtu.be/Dv8J86shKRk

Unknown mengatakan...

silakan di liat dan diberi komentarnya #golkar


Iklan Partai Golkar | Semua Coblos Golkar


http://youtu.be/CflA3ShoyQE